MAKALAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dewasa ini,
dunia usaha sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hal ini tak luput dari
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dinamika dalam dunia usaha
sudah dimulai sejak revolusi industri lebih dari satu abad yang lalu, dimana
inggris yang menjadi pelopor revolusi mulai meninggalkan proses produksi manual
yang sederhana dan tradisional. Mereka mulai menggunakan peralatan produksi
mekanis dan hasilnya proses produksi menjadi kian singkat dengan hasil produksi
yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan produksi dengan cara manual.
Ketika produksi
sudah hampir tidak mengalami kendala dalam arti berapapun yang dibutuhkan untuk
diproduksi sudah bukan menjadi masalah yang berarti sebab teknologi produksi
moderen telah mampu mempercepat proses produksi. Ditambah lagi dengan
berkembangnya ilmu pengetahuan yang berkorelasi positif dengan kompetensi
sumber daya manusia baik untuk menciptakan tekonologi produksi yang lebih
efisien maupun dalam hal menggunakan/mengoperasikan peralatan produksi yang
tersedia. Maka hal yang esensi bagi perusahaan selanjutnya adalah bagaimana
mendistribusikan produk yang dihasilkan (penjualan) kepada konsumen untuk
mendapatkan penghasilan.
Kemajuan dunia
bisnis juga tak pelak sebagai andil dari perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi moderen. Hal ini menjadi solusi bagi permasalahan bagaimana
menyeimbangkan tingginya tingkat produksi dengan penjualan. Jika dulu
perusahaan melakukan pemasaran secara manual—menggunakan sales, promosi dari
mulut ke mulut. Maka lain halnya dengan sekarang. Dimana pemasaran dengan
menggunakan media elektronik menjadi kekuatan utama pelaku bisnis dalam
memasarkan produknya.
Beberapa media
elektronik yang umumnya dipakai dalam pemasaran produk masa kini antara lain
media televisi, radio, koran, majalah dan internet. Di antara berbagai media
yang telah disebutkan tersebut maka internetlah yang paling kompleks dari sisi
fungsinya. Jika televisi,radio,koran dan majalah lazimnya hanya digunakan untuk
menyampaikan informasi (iklan), lain halnya dengan internet. Bukan hanya iklan
yang dapat ditampilkan melalui internet tetapi konsumen bisa melakukan
interaksi dengan pemilik produk (penjual).
Itulah yang
sekarang populer disebut sebagai teknologi e-commerce. Dimana waktu dan tempat
sudah bukan menjadi pembatas yang berarti untuk melakukan transaksi bisnis
ataupun transaksi antar konsumen dengan perusahaan. Secara ekonomi, e-commerce
telah mendobrak konsep pasar yang ditawarkan oleh teori klasik ekonomi. Dengan
adanya e-commerce maka pasar bukan hanya terbatas pada suatu tempat dan waktu
tertentu. Sebab e-commerce memungkinkan terjadinya transaksi tanpa harus face-to-face, tempat, dan waktu
tertentu.
e-commerce
memfasilitasi transaksi antara pembeli dengan penjual (dalam ekonomi sering
disebut permintaan dan penawaran) hanya dengan media komputer yang tersambung
melalui internet. Kemudian transaksi bisa dimana saja, meskipun pembeli di
Amerika Serikat dan penjual di Indonesia dan akses transaksi berlangsung selama
24 jam.
e-commerce hanya
satu dari sekian banyak manfaat/peranan dari keberadaan internet. Internet
bekerja melalui suatu jaringan elektronik yang menghubungkan komputer-komputer
secara elektronik. Sehingga penggunaan internet memiliki peranan yang penting
dalam perkembangan dunia bisnis saat ini.
1.2 Tujuan dan materi yang dibahas
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, dengan demikian kita pada umumnya telah sama-sama
mengetahui dan mengakui peranan penting serta manfaat dari intenet. Terkait
dengan mata kuliah sistem informasi
akuntansi, maka melalui makalah ini akan dibahas beberapa hal penting yang
menjadi tujuan pembelajaran bab 3 tentang electronic commerce, diantaranya :
ü
Menjelaskan
sejarah internet dan cara kerjanya
ü
Menjelaskan
intranet dan menjelaskan bagaimana mengamankannya
ü
Menjelaskan
teknologi client-server dan bagaimana
teknologi tersebut dapat diterapkan pada transaksi finansial elektronik
ü
Menjelaskan
berbagai pendekatan untuk mengamankan transaksi finansial elektronik
1.3 Referensi dan rujukan materi
ü
Buku
sistem informasi dan akuntansi dan organisasi perusahaan edisi ketiga karangan
Barry E.Cushing
ü
Buku
sistem informasi akuntansi edisi kedelapan dan kesembilan dengan penulis George
H. Bodnar dan William S. Hopwood
ü
Artikel-artikel
terkait tentang jaringan, internet, dan sistem keamanan internet
Untuk makalah full download disini
0 Response to "Makalah sistem infomasi akuntansi tentang internet"
Post a Comment