tugas metodelogi penelitian jurusan akuntansi



PENGARUH INTENSITAS KOMPETISI PASAR TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAGEMEN
DAN KINERJA UNIT BISNIS DAN KEPUASAN KERJA
(yulius kurnia susanto dan gudono)
I.       PEMAHAMAN TERHADAP PENELITIAN YANG DITELAAH
1.      Motivasi penelitian
Motivasi penelitian adalah melihat kenyataan yang ada bagaimana dunia bisnis yang semakin berkembang dan persaingan semakin besar oleh karena itu peneliti ingin meneliti bagaiman pengaruh entitas persaingan / kompetesi pasar terhadap penggunaan informasi sistem akuntansi managemen dan kinerja akuntansi manajemen dan kinerja unit bisnis dan kepuasan kerja. Peneliti juga termotivasi dari hasil peneliti terdahulu yang telah meneliti pengaruh akuntansi managemen terhadap persaingan bisnis yang ada.

2.      Masalah penelitian
Apakah kompetisi pasar mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara hubungan penguna sistem akuntansi managemen dan kinerja unit bisnis da kepuasan kerja.

3.      Teori dan perumusan hipotesisi penelitian
Ø  H1: Semakin tinggi intensitas kompetisi pasar, maka penggunaan informasi SAM yang sophisticated akan meningkatkan kinerja unit bisnis.
Kepuasan kerja didefinisikan sebagai sikap seseorang terhadap pekerjaannya (Dewar dan Werbel, 1979). Sikap itu berasal dari persepsi mereka tentang pekerjaanya. Kepuasan kerja seseorang dapat berasal dari tingkat ketersediaan sumber daya organisasi untuk mendukung perkerjaan seperti ketersediaan informasi untuk mendukung suatu pengambilan keputusan.
Tingkat kesesuaian antara ketersediaan informasi SAM dan intensitas kompetisi pasar dapat menimbulkan suatu persepsi kepuasan manager terhadap pekerjaannya. Apabila manager dihadapkan pada kondisi tingginya intensitas kompetisi pasar maka penggunaan informasi SAM yang sophisticated untuk pengambilan keputusan dapat menimbulkan perasaan puas dalam bekerja.dari teori kedua diatas penulis merumuskan teori hipotesis sebagai brikut
Ø  H2: Semakin tinggi intensitas kompetisi pasar, maka penggunaan informasi SAM yang sophisticated akan meningkatkan kepuasan kerja.
4.      Desain penelitian
Menggunakan data sekunder dari data ICMD yang terdafta di bursa efek indonesia.

II.    KARATERISTIK KUALITATIF PENELITIAN
1.      Validitas Internal
a.      Hubungan kausal
b.      Metoda pengendalian variabel penggangu

2.      Validitas eksternal
a.      Ukuran Sampel
Sampel penelitian diambil dari industri-industri manufaktur dan jasa sector bank yang terdaftar di Indonesian capital market directory (ICMD) tahun 2003 secara purposive. Responden penelitian adalah manager unit bisnis untuk industri manufaktur,alasan pemilihan responden adalah karena mereka merupakan manager-manager unit bisnis yang melakukan aktivitas rutin dan kinerjanya diukur dengan pencapaian target masing-masing. Unit bisnis dapat didefinisikan sebagai sebuah organisasi atau bagian dari organisasi yang mempunyai aktivitas rutin seperti bagian pemasaran, produksi, keuangan, personalia dan research and development (Mia dan Clarke, 1999). Pengumpulan data menggunakan survai kuisioner melalui electronic-mail dan pernah dipraktikkan dalam penelitian Achyari (2000) dan Jumaili (2006). Pengumpulan data juga menggunakan jasa pos. Jumlah kuisioner yang dikirimkan kepada responden sebanyak lima ratus tiga puluh kuisioner dan yang dapat diolah sebanyak lima puluhenam kuisioner
b.      Metoda Penyampelan
Penyampelan dilakukan dengan purposive samling dengan banyak sampel sebesar 56 perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia.
3.      Kualitas pengumpulan sampel dan analisis data
Sampel diperoleh dengan cara mengirim kuisioner pada para manger unit bisnis yang sebagai responden pada penelitian ini sehingga data yang diperoleh sangat bagus kualitasnya. Uji validitas bertujuan untuk memastikan bahwa masing-masing pertanyaan akan terklarifikasi pada variabel-variabel yang telah ditentukan. Butir-butir pertanyaan akan mempunyai validitas tinggi apabila pertanyaan-petanyaan tersebut dapat mengukur apa yang seharusnya diukur.
Hipotesis diuji dengan menggunakan two-way analysis of variance (ANOVA). ANOVA merupakan salah satu metoda untuk menguji hubungan antara dua variable yang salah satu variabelnya merupakan variabel nonmetrik atau kategorikal. ANOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) dari variabel independen terhadap variabel dependen
4.      Kecocokan pengujian statistik yang digunakan
Untuk menginterpretasikan hasil signifikansi interaksi dua arah, informasi SAM dan intensitas kompetisi pasar, keduanya didikotomisasi berdasarkan nilai median-nya untuk mendapatkan empat subsampel terpisah dari kinerja unit bisnis. Untuk menguji homogeneity of variance menggunakan uji levene’s test.
5.      Konsistensi antara masalah penelitian, formulasi hipotesis dan analisis data
                       
6.      Konsistensi antara hasil simpulan yang ditarik
Terdapat konsistensi antara hasil penelitian dan kesimpulan yang ditarik, karena penjelasannya tidak menyimpang dari hasil analisisnya

7.      Implikasi hasil penelitian
Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa dalam kondisi intensitas kompetisi pasar tinggi penggunaan informasi SAM yang sophisticated akan meningkatkan kinerja unit bisnis dan kepuasan kerja akan tetapi dalam kondisi intensitas kompetisi pasar rendah akan menurunkan kinerja unit bisnis dan kepuasan kerja. Penelitian ini berhasil mengkonfirmasi hasil penelitian Mia dan Clarke (1999) dan Chong et al. (2001). Implikasi penelitian ini adalah bahwa perancang organisasi perlu mempertimbangkan kondisi ketidakpastian (seperti intensitas kompetisi pasar) untuk mendesain dan mengimplementasikan suatu sistem akuntansi managemen yang menyediakan informasi dalam rangka mempermudah pengambilan keputusan dan mengevaluasi aktivitas managerial yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja managerial, kepuasan kerja, dan kinerja unit bisnis.
8.      Keterbatasan penelitian
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yang mungkin dapat mengganggu hasil penelitian antara lain:
Ø  Penelitian ini hanya fokus pada penggunaan karakteristik informasi sistem akuntansi managemen (SAM) broad scope, timeliness, aggregation dan integration.
Ø  Pengumpulan data dengan menggunakan metoda survai yang dikirimkan melalui electronic-mail dan pos.
Ø  Pengambilan sampel penelitian yang hanya berasal dari industri manufaktur menyebabkan kurang bervariasinya persepsi sampel
Ø   Manager unit bisnis yang perusahaaannya memiliki kinerja yang kurang baik ada kecenderungan untuk tidak berpartisipasi dalam penelitian ini.









TUGAS METODELOGI PENELITIAN
CRITICAL REVIEW

PENGARUH INTENSITAS KOMPETISI PASAR TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAGEMEN
DAN KINERJA UNIT BISNIS DAN KEPUASAN KERJA




OLEH:
LAILATUL ZOHRI
A1C009126

UNIVERSITAS MATARAM
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
2011










0 Response to "tugas metodelogi penelitian jurusan akuntansi"

Post a Comment