Makalah sistem infomasi akuntansi tentang internet

MAKALAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Dewasa ini, dunia usaha sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hal ini tak luput dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dinamika dalam dunia usaha sudah dimulai sejak revolusi industri lebih dari satu abad yang lalu, dimana inggris yang menjadi pelopor revolusi mulai meninggalkan proses produksi manual yang sederhana dan tradisional. Mereka mulai menggunakan peralatan produksi mekanis dan hasilnya proses produksi menjadi kian singkat dengan hasil produksi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan produksi dengan cara manual.
Ketika produksi sudah hampir tidak mengalami kendala dalam arti berapapun yang dibutuhkan untuk diproduksi sudah bukan menjadi masalah yang berarti sebab teknologi produksi moderen telah mampu mempercepat proses produksi. Ditambah lagi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang berkorelasi positif dengan kompetensi sumber daya manusia baik untuk menciptakan tekonologi produksi yang lebih efisien maupun dalam hal menggunakan/mengoperasikan peralatan produksi yang tersedia. Maka hal yang esensi bagi perusahaan selanjutnya adalah bagaimana mendistribusikan produk yang dihasilkan (penjualan) kepada konsumen untuk mendapatkan penghasilan.
Kemajuan dunia bisnis juga tak pelak sebagai andil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi moderen. Hal ini menjadi solusi bagi permasalahan bagaimana menyeimbangkan tingginya tingkat produksi dengan penjualan. Jika dulu perusahaan melakukan pemasaran secara manual—menggunakan sales, promosi dari mulut ke mulut. Maka lain halnya dengan sekarang. Dimana pemasaran dengan menggunakan media elektronik menjadi kekuatan utama pelaku bisnis dalam memasarkan produknya.
Beberapa media elektronik yang umumnya dipakai dalam pemasaran produk masa kini antara lain media televisi, radio, koran, majalah dan internet. Di antara berbagai media yang telah disebutkan tersebut maka internetlah yang paling kompleks dari sisi fungsinya. Jika televisi,radio,koran dan majalah lazimnya hanya digunakan untuk menyampaikan informasi (iklan), lain halnya dengan internet. Bukan hanya iklan yang dapat ditampilkan melalui internet tetapi konsumen bisa melakukan interaksi dengan pemilik produk (penjual).
Itulah yang sekarang populer disebut sebagai teknologi e-commerce. Dimana waktu dan tempat sudah bukan menjadi pembatas yang berarti untuk melakukan transaksi bisnis ataupun transaksi antar konsumen dengan perusahaan. Secara ekonomi, e-commerce telah mendobrak konsep pasar yang ditawarkan oleh teori klasik ekonomi. Dengan adanya e-commerce maka pasar bukan hanya terbatas pada suatu tempat dan waktu tertentu. Sebab e-commerce memungkinkan terjadinya transaksi tanpa harus face-to-face, tempat, dan waktu tertentu.
e-commerce memfasilitasi transaksi antara pembeli dengan penjual (dalam ekonomi sering disebut permintaan dan penawaran) hanya dengan media komputer yang tersambung melalui internet. Kemudian transaksi bisa dimana saja, meskipun pembeli di Amerika Serikat dan penjual di Indonesia dan akses transaksi berlangsung selama 24 jam.
e-commerce hanya satu dari sekian banyak manfaat/peranan dari keberadaan internet. Internet bekerja melalui suatu jaringan elektronik yang menghubungkan komputer-komputer secara elektronik. Sehingga penggunaan internet memiliki peranan yang penting dalam perkembangan dunia bisnis saat ini.
1.2  Tujuan dan materi yang dibahas
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dengan demikian kita pada umumnya telah sama-sama mengetahui dan mengakui peranan penting serta manfaat dari intenet. Terkait dengan mata  kuliah sistem informasi akuntansi, maka melalui makalah ini akan dibahas beberapa hal penting yang menjadi tujuan pembelajaran bab 3 tentang electronic commerce, diantaranya :
ü  Menjelaskan sejarah internet dan cara kerjanya
ü  Menjelaskan intranet dan menjelaskan bagaimana mengamankannya
ü  Menjelaskan teknologi client-server dan bagaimana teknologi tersebut dapat diterapkan pada transaksi finansial elektronik
ü  Menjelaskan berbagai pendekatan untuk mengamankan transaksi finansial elektronik

1.3  Referensi dan rujukan materi
ü  Buku sistem informasi dan akuntansi dan organisasi perusahaan edisi ketiga karangan Barry E.Cushing
ü  Buku sistem informasi akuntansi edisi kedelapan dan kesembilan dengan penulis George H. Bodnar dan William S. Hopwood

ü  Artikel-artikel terkait tentang jaringan, internet, dan sistem keamanan internet

Untuk makalah full download disini

0 Response to "Makalah sistem infomasi akuntansi tentang internet"

Post a Comment