SKRIPSI PERAWAT TERBARU Hubungan Motivasi Perawat dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam


Skripsi Baru- Sobat Mahasiswa yang berbahagia berikut ini adalah skripsi terbaru bagi sobat yang mengambil Kuliah Kesehatan Bagian Keperawatan (nurse). Skripsi ini Berjudul:

Hubungan Motivasi Perawat dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam

Berikut ini Adalah Kutipan ABSTRAKnya

ABSTRAK

Motivasi yang maksimal dihubungkan dengan kinerja yang baik. Sebaliknya, motivasi yang kurang dihubungkan dengan kinerja yang buruk. Kinerja seseorang kadang-kadang tidak berhubungan dengan kompetensi yang dimiliki, karena terdapat faktor diri dan lingkungan kerja yang mempengaruhi kinerja. Kinerja yang maksimal adalah fungsi dan interaksi antara kompetensi dan peluang sumber daya pendukung yaitu bagaimana supervisi dilakukan terhadap kinerja tersebut. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan korelasi antara variabel yang bebas dan variabel yang terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di ruang rawat inap sebanyak 162 orang dengan melakukan teknik purposive sampling diperoleh sampel 115 orang. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan motivasi perawat pada kategori cukup, supervisi kepala ruangan pada kategori cukup dan untuk hasil dari kinerja perawat berada pada kategori baik dengan nilai p-value= 0,93 (>0,05)dan r= 0,07 yang artinya tidak ada hubungan motivasi dengan kinerja perawat dan p-value= 0,67 (>0,05) r= 0.04 yang artinya tidak ada hubungan supervisi kepala ruangan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang dengan tingkat kekuatan hubungan sangat rendah. Saran pada penelitian ini untuk meningkatkan motivasi perawat dan sistem kegiatan supervisi kepala ruangan berdasarkan pada aturan dari Rumah Sakit Grand Medistra yaitu dari sisi kegiatan supervisi, jadwal kegiatan supervisi, aspek yang disupervisi, juga teknik yang dilakukan oleh kepala ruangan yang tidak dipahami oleh perawat yang disupervisi, sedangkan kepala ruangan sebagai supervisor tidak dibebankan turut serta melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien sehingga mempunyai waktu untuk kegiatan supervisi yang sebenarnya. Untuk itu, maka dibutuhkan pengawasan yang baik dari pimpinan dalam bentuk supervisi yang akan menghasilkan kinerja perawat yang baik dan sesuai standar.

1.1 Latar Belakang

Perawat dan rumah sakit merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Perawat memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan pada pelayanan di rumah sakit. Apabila perawat memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang tinggi, maka laju roda pun akan berjalan baik, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi rumah sakit. Di sisi lain, roda tidak berjalan baik kalau perawat bekerja tidak produktif, artinya perawat tidak memiliki semangat kerja yang tinggi, tidak ulet dalam bekerja dan memiliki moril yang rendah (Depkes RI, 2004).
Motivasi merupakan faktor penting yang merupakan proses membangkitkan semangat bekerja, prilaku mempertahankan, dan prilaku penyaluran dalam kegiatan yang positif. Seorang perawat harus termotivasi untuk memiliki kualitas perawatan pasien, untuk mengembangkan efisiensi perawat dalam melakukan asuhan keperawatan. Motivasi terbentuk dari sikap seorang perawat dalam menghadapi situasi kerja. Motivasi perawat merupakan kondisi yang menggerakkan diri perawat yang terarah untuk mencapai tujuan kerja (Ilyas, 2001).
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Moody (2006) di salah satu rumah sakit di Indiana di Amerika Serikat menggambarkan model motivasi kerja perawat relevan dengan sikap kepedulian manusia kerja keperawatan profesional. 
Model ini berasal dari teori-teori yang dipilih dari prilaku motivasi dan motivasi kerja. Teori berbasis bukti menangani motivasi kerja perawat. Penelitian yang dilakukan oleh Sarminah (2006) di salah satu perusahaan manufaktur di Malaysia, menyatakan bahwa ada hubungan motivasi terhadap kinerja karyawan yang dinyatakan dengan kepuasan kerja karyawan di perusahaan
tersebut


Untuk Mendowoload Skripsi selengkapnya  Kunjungi Website Berikut: Download Skripsi Kesehatan BAB1 Sampai Bab 6 disini

0 Response to "SKRIPSI PERAWAT TERBARU Hubungan Motivasi Perawat dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam"

Post a Comment