LAPORAN PRAKTIKUM PRAKTIKUM FISIOLOGI DAN TEKNOLOGI PASCA PANEN ACARA I PENGARUH KONDISI DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP SUSUT BERAT BAHAN




LAPORAN PRAKTIKUM
PRAKTIKUM FISIOLOGI DAN TEKNOLOGI PASCA PANEN
ACARA I
PENGARUH KONDISI DAN LAMA PENYIMPANAN
TERHADAP SUSUT BERAT BAHAN

BAB I
PENDAHULUAN


Latar  Belakang
Komoditi hasil pertanian merupakan kebutuhan hidup yang harus terpenuhi dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan tambahan gizi atau sebagai sumber gizi bagi tubuh manusia. Jenis komoditi hasil pertanian seperti buah-buahan dan sayur  setelah dipanen masih mengalami proses respirasi dan transpirasi, sehingga bahan-bahan tersebut akan cepat mengalami proses pematangan untuk buah dan sayuran golongan klimaterik, namun untuk golongan non klimaterik tidak terjadi peningkatan respirasi dan akan mengalami kekurangan co2. Hal ini akan mengakibatkan buah dan sayuran akan cepat terjadi kerusakan.  Faktor lain yang penting untuk diperhatikan adalah menghindarkan sayuran dan buah terhadap suhu dan cahaya yang berlebihan dan kerusakan patogenik dan/atau kerusakan fisik.

Penyimpanan pada kondisi tertentu akan menyebabkan perbedaan tekstur buah dan sayuran. Dimana pada buah dan sayuran yang disimpan  pada suhu dingin akan menghambat proses respirasi dan mencegah kerusakan akibat aktivitas mikroorganisme. Adanya luka atau goresan pada permukaan buah dan sayuran akan menyebabkan susutnya berat bahan karena air dalam bahan akan keluar atau menguap.
 Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap susut berat komoditi hasil pertanian.

LAPORAN FULL SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
 

0 Response to "LAPORAN PRAKTIKUM PRAKTIKUM FISIOLOGI DAN TEKNOLOGI PASCA PANEN ACARA I PENGARUH KONDISI DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP SUSUT BERAT BAHAN"

Post a Comment